Berhati-hatilah dalam Berteman, Simak 3 Ciri Orang Munafik dalam Islam

Dalam kehidupan di dunia, tentu semuanya mengenal yang namanya pertemanan. Banyak sekali orang yang berteman dengan berbagai tujuan. Ada yang menjadikannya sebagai tempat curhat, teman dalam bisnis, dan sebagainya. Sebagai orang yang awam, tentu kita tidak mudah mengetahui sifat asli dari teman kita. Dari sinilah kita perlu berhati-hati dalam berteman. Bisa jadi teman kita justru adalah seorang munafik. Lantas, bagaimana ciri-cirinya?

Dalam suatu hadits nabi, disebutkan secara eksplisit mengenai ciri-ciri orat yang munafik. Di mana pada umumnya orang-orang yang munafik memiliki ketiga ciri tersebut.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu'anhu, bahwasanya Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasallam bersabda, 

Artinya:
"Tanda orang munafik itu tiga apabila ia berucap berdusta, jika membuat janji berdusta, dan jika dipercayai mengkhianati."
(HR. Al-Bukhari, Kitab Iman, Bab Tanda-Tanda Orang Munafik, no. 33, dan Muslim, Kitab Iman, Bab Penjelasan Sifat-Sifat Orang Munafik, no.59).

Hadits di atas menyatakan bahwa seorang teman atau siapa pun apabila ia berkata kemudian berdusta, apabila berjanji berdusta, dan jika dipercayai justru mengkhianati itulah yang dinamakan dengan orang yang munafik. Dengan demikian, perlulah berhati-hati dalam berteman atau menjalin komunikasi dengan siapa pun.
Baca Juga

Komentar

Artikel Populer

Mengenal 4 Kitab Samawi

Sejarah Syekh Samman al-Madani al-Hasani

Misteri Nabi Khidir

Sejarah Hidup Sunan Gresik (Maulana Malik Ibrahim)

Pemimpin Paling Demokratis di Mata Dunia