3 Rahasia Khasiat Buah Kurma yang Dianjurkan Nabi

Buah kurma adalah salah satu makanan yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Buah tersebut dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW karena mengingat manfaatnya yang sangat besar. Manfaat tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.
1. Buah kurma dapat melindungi tubuh dari racun
Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasalam pernah bersabda; "Barang siapa yang memakan tujuh butir kurma, maka akan terlindungi dari racun." Hal tersebut nyatanya benar dan dibuktikan dalam sebuah cerita. Pernah ada seorang wanita Yahudi yang melakukan percobaan pembunuhan terhadap Rasulullah dengan cara menaruh racun pada makanan Rasulullah saat Perang Khaibar. Ternyata racun yang tertelan oleh beliau bisa dinetralisir oleh zat-zat yang terkandung dalam kurma. Bisyir Ibnu al-Barra', salah seorang sahabat yang juga ikut memakan racun tersebut akhirnya meninggal. Sementara itu, Rasulullah selamat.

2.  Mengandung zat antikanker
Penelitian di Mesir menemukan ternyata penyakit kanker tidak menyebar ke daerah-daerah yang penduduknya mengonsumsi kurma. Hal ini didukung oleh fakta bahwa buah kurma mengandung zat yang berfungsi mematikan sel kanker.

3. Sebagai sumber protein
Kurma mengandung protein sebanyak 1.4-1.7 gram/100 gram kurma basah. Jumlah ini diperkirakan sama dengan jumlah protein yang terdapat pada daging. Kandungan protein pada buah kurma akan mencapai puncaknya pada tahap kematangan kimri dan terus menurun seiring dengan derajat kematangan buah. Kandungan lain yang terkandung dalam buah kurma adalah treonin, lisin, dan isoleusin sebagai asam amino esensial yang jumlahnya bisa mencapai ratusan kali lebih banyak dari yang terkandung dalam buah apel.

Manfaat yang dipaparkan di atas, pada dasarnya hanyalah sedikit dari manfaat yang sebenarnya. Sebagai muslim sebaiknya kita mengonsumsi buah kurma sebagai penerapan sunah Nabi dan untuk mendapatkan khasiat manfaatnya yang sangat besar.
Baca Juga

Komentar

Artikel Populer

Mengenal 4 Kitab Samawi

Sejarah Syekh Samman al-Madani al-Hasani

Misteri Nabi Khidir

Sejarah Hidup Sunan Gresik (Maulana Malik Ibrahim)

Pemimpin Paling Demokratis di Mata Dunia