Tidak Banyak yang Tahu, inilah 5 Keistimewaan Rasulullah SAW dalam Syair Lam Yahtalim

Keistimewaan Rasulullah SAW sangatlah banyak. Beliau diberikan khususiyah oleh Allah berbeda dengan para nabi pada umumnya. Keistimewaan beliau tersebut, salah satunya termaktub dalam gubahan nadham atau Syair Lam Yahtalim

Mengenai siapa yang menuliskan syair Lam Yahtalim pertama kali, belum ada satupun orang yang mengetahuinya. Meskipun demikian, syair yang juga disebut dengan Al Syamail Al Muhammadiyah Al Syarifah ini bisa ditemukan dalam Kitab Maraqi Al Ubudiyah, yang merupakan karya Syaikh Nawawi Al-Bantani.

Adapun bunyi dan arti Syair Lam Yahtalim yang berisi mengenai keistimewaan Rasulullah SAW adalah sebagai berikut.

Rasulullah tidak pernah mimpi bersetubuh baik sebelum menjadi nabi atau setelahnya. Beliau juga sama sekali tidak pernah menguap sepanjang masa.

Tidak ada satu pun binatang yang melarikan diri (liar) dari beliau. Tidak pernah ada lalat hinggap di tubuh beliau yang mulia.

 
Beliau bisa mengetahui sesuatu yang ada di belakangnya, seperti beliau melihat sesuatu itu yang ada di hadapannya. Bekas air kencing beliau tidak pernah dilihat di permukaan bumi.

Hati beliau tidak pernah tidur, walaupun mata beliau mengantuk. Bayangan beliau tidak pernah dapat dilihat oleh orang cerdas ketika beliau terkena sinar matahari.

Dua pundak beliau selalu terlihat lebih tinggi dari pundak orang-orang yang duduk bersama beliau. Ceritakanlah sifat beliau bahwa beliau telah dikhitan semenjak dilahirkan.

Ini semua merupakan keistimewaan beliau, hendaknya engkau hafalkan bait tersebut. Niscaya engkau mendapat perlindungan dari bahaya kebakaran, pencurian, dan musibah.


Itulah kelima keistimewaan Rasulullah SAW yang termaktub dalam Syair Lam Yahtalim. Mari kita sering lantunkan syair tersebut sebagai tanda mahabbah kita kepada Rasulullah SAW.
Baca Juga

Komentar

Artikel Populer

Mengenal 4 Kitab Samawi

Sejarah Syekh Samman al-Madani al-Hasani

Misteri Nabi Khidir

Sejarah Hidup Sunan Gresik (Maulana Malik Ibrahim)

Pemimpin Paling Demokratis di Mata Dunia