Sepuluh Sahabat Nabi Yang Dijamin Masuk Surga



Nabi Muhammad SAW adalah nabi sekaligus rasul terakhir yang diutus Allah SWT kepada seluruh umat manusia sehingga beliau dikenal dengan sebutan Khatamul Anbiya wal Mursaliin (Penutup para nabi dan rasul).Selain itu, Nabi Muhammad SAW juga dikenal sebagai Uswatun Hasanah (suri tauladan yang baik).Bahkan, Nabi Muhammad SAW juga mempunyai gelar Al-Amin (yang terpercaya).Gelar ini disandangkan oleh penduduk Mekah karena Nabi Muhammad SAW adalah sosok manusia yang penuh amanah dan jujur.

Sepeninggal Nabi Muhammad SAW, perjuangan Islam dilanjutkan oleh sahabat-sahabat beliau.Di tangan para sahabat beliau lah, Islam mampu berkembang dan mencapai puncak kejayaan hingga kini.Lantas, siapakah yang berhak menyandang gelar mulia sebagai sahabat nabi ini?
Menurut Imam Al-Bukhari rahimahullah, "Siapa saja dari kalangan kaum muslimin, yang pernah menyertai dan melihat Rasulullah, maka ia terhitung sahabat nabi". (Shahih Bukhari)

Imam Ahmad Rahimahullah melalui Ibnu Taimiyyah berkata, (Sahabat adalah) " Siapa saja yang menyertai Rasulullah setahun, sebulan, sehari atau sesaat atau melihat ia, maka ia termasuk sahabat Nabi.Derajat masing-masing ditentukan menurut jangka waktunya menyertai Rasulullah."

Banyak sekali sahabat Nabi yang dijamin masuk surga.Namun ada 10 sahabat Nabi yang masuk surga yang disebut secara spesifik oleh Rasulullah.

Dari [Abdurrahman bin 'Auf] dia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Abu Bakar masuk surga, Umar masuk surga, Utsman masuk surga, Ali masuk surga, Thalhah masuk surga, Zubair masuk surga, Abdurrahman bin 'Auf masuk surga, Sa'ad masuk surga, Sa'id masuk surga,dan Abu Ubaidah bin Jarah masuk surga."(Hadist Tirmidzi Nomor 3680)

1.Abu Bakar ash-Shiddiq

Abu Bakar terlahir dengan nama Abdullah bin Abi Quhafah,nama lengkapnya,yaitu Abdullah bin Utsman bin Amir bin Amru bin Ka'ab bin Tamim bin Murrah bin Ka'ab.

Abu Bakar ash-Shiddiq adalah salah seorang sahabat nabi yang termasuk As-Sabiqunal Awwalun (Orang-orang yang mula-mula masuk Islam).Sepeninggal Nabi Muhammad SAW, Abu Bakar lah yang menggantikan posisi beliau dengan menjadi khalifah Islam ,yaitu pada tahun 632 M-634 M.

Abu Bakar ash-Shiddiq juga merupakan sahabat yang pertama kali membenarkan perjalanan Isra' Mi'raj sehingga Abu Bakar mendapat gelar ash-Shiddiq dari Rasulullah yang berarti yang membenarkan.

2.Umar bin Khattab

Umar bin Khattab adalah khulafaurrasyidin kedua setelah Abu Bakar ash-Shiddiq.Umar bin Khattab menjadi khalifah sejak tahun 634 M-644 M.

Umar bin Khattab terlahir dari seorang ibu yang bernama Hantamah binti Hasyim.Sebelum menjadi khalifah,Umar bin Khattab pernah menjadi penasihat kepala.

3.Utsman bin Affan

Utsman bin Affan adalah khulafaurrasyidin ketiga.Utsman bin Affan menggantikan Umar bin Khattab sebagai khalifah semenjak dari tahun 644 M-656 M.

Utsman bin Affan dikenal sebagai sosok yang dermawan dan pemalu.Beliau juga mendapat gelar Dzunnurain yang berarti pemilik dua cahaya.Utsman mendapatkan gelar ini karena beliau menikahi dua puteri Rasulullah,yaitu Ruqayyah dan Ummu Kultsum.

4.Ali bin Abu Thalib

Ali bin Abu Thalib adalah khulafaurrasyidin keempat.Ali bin Abu Thalib juga termasuk As-Sabiqunal Awwalun (Orang-orang yang mula-mula-mula masuk Islam).Selain sebagai sepupu Nabi Muhammad SAW,Ali bin Abu Thalib juga menikahi puteri Nabi,yaitu Fatimah az-Zahra.Dari pernikahan inilah,terlahirlah cucu Nabi,yaitu Hasan dan Husein.

5.Thalhah bin Ubaidillah

Thalhan bin Ubaidillah adalah salah satu sahabat Nabi yang dijamin masuk surga yang berasal dari suku Quraisy.Beliau pernah menjadi konsultan Rasul.Selain pernah menjadi konsultan Rasul, Thalhah bin Ubaidillah juga pernah terlibat dalam Perang Uhud.Thalhah bin Ubaidillah wafat saat terkena panah musuh saat Perang Jamal.

6.Zubair bin Awwam

Zubair bin Awwam adalah putera dari bibi Nabi Muhammad SAW.Dengan kata lain, Zubair bin Awwam adalah sepupu langsung dari Nabi Muhammad SAW.Zubair bin Awwam juga termasuk As-Sabiqunal Awwalun (Orang-orang yang mula-mula masuk Islam).Selain itu, Zubair bin Awwam dikenal sebagai orang yang pertama kali berani menghunuskan pedang dalam perang fi sabilillah.

7.Sa'ad bin Abi Waqqas

Sa'ad bin Abi Waqqas adalah salah satu sahabat Nabi yang memiliki kedekatan dengan Nabi Muhammad SAW.Sa'ad bin Abi Waqqas pernah memimpin pasukan Islam melawan tentara Persia di Qadissyah.Perang tersebut termasuk salah satu perang besar dan bersejarah bagi Umat Islam.

8.Sa'id bin Zaid

Sa'id bin Zaid adalah sepupu dekat Umar bin Khattab.Sa'id bin Zaid mendapatkan julukan Abu Al-Aawar.Selain masuk Islam pada awal kedatangan ajaran Islam di Mekah, Sa'id bin Zaid termasuk salah satu sahabat Nabi yang sudah dijamin masuk surga oleh Allah SWT.

9.Abdurrahman bin 'Auf

Abdurrahman bin 'Auf adalah salah satu sahabat Nabi yang dikenal sebagai orang yang dermawan.Abdurrahman bin 'Auf termasuk seorang dari delapan orang pertama yang menerima agama Islam ,yaitu dua hari setelah Abu Bakar ash-Shiddiq.

10.Abu Ubaidah bin al-Jarrah

Abu Ubaidah bin al-Jarrah adalah salah seoranf muhajirin dari Suku Quraisy Mekah.Abu Ubaidah bin al-Jarrah pernah ikut Nabi Muhammad SAW berhijrah ke Madinah dan terlibat dalam peperangan membela Islam.Saat Abu Bakar ash-Siddiq terpilih sebagai khalifah,Abu Ubaidah lah yang memimpin Umat Islam berperang melawan Kekaisaran Romawi.
Baca Juga

Komentar

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak dan dilarang menaruh link aktif atau melakukan tindakan spam.

Artikel Populer

Mengenal 4 Kitab Samawi

Sejarah Syekh Samman al-Madani al-Hasani

Misteri Nabi Khidir

Sejarah Hidup Sunan Gresik (Maulana Malik Ibrahim)

Pemimpin Paling Demokratis di Mata Dunia