Mengenal Sifat Wajib, Mustahil, dan Jaiz Rasul-Rasul Allah SWT



Iman kepada rasul merupakan iman yang ke-4. Iman kepada rasul termasuk kewajiban hakiki bagi seorang muslim karena merupakan bagian dari rukun iman yang tidak bisa ditinggalkan.

Rasul sebagai utusan Allah SWT. memiliki  sifat-sifat yang melekat pada dirinya. Sifat-sifat tersebut sebagai bentuk kebenaran para Rasul. Sifat-sifat tersebut antara lain:
  1. Sifat Wajib
  2. Sifat Mustahil
  3. Sifat Jaiz

A.Sifat Wajib

Sifat wajib artinya sifat yang pasti ada pada Rasul sehingga tidak bisa disebut sebagai rasul apabila tidak memiliki sifat-sifat ini. Sifat wajib rasul ada 4,yaitu:

1.Shidiq

Shidiq artinya benar. Seluruh ucapan dan perbuatan rasul adalah benar sehingga mustahil rasul adalah pembohong. Karena para rasul senantiasa dijaga oleh Allah SWT.

2.Amanah

Amanah artinya dapat dipercaya. Para rasul senantiasa dapat dipercaya dalam menerima wahyu dari Allah SWT. dan juga senantiasa menjaga keutuhan sekaligus menyampaikan wahyu tersebut kepada umatnya sesuai dengan kehendak Allah SWT.

3.Tabligh

Tabligh artinya menyampaikan. Para rasul senantiasa menyampaikan wahyu kepada umatnya sehingga mustahil jika para rasul menyembunyikan wahyu atau risalah Allah SWT. kepada umatnya.

4.Fathanah

Fathanah artinya cerdas. Para rasul dianugerahi kecerdasan oleh Allah SWT. agar mereka dapat mengajak manusia untuk selalu berada di jalan yang lurus (benar), yaitu jalan yang diridhoi oleh Allah SWT.

B.Sifat Mustahil

Sifat mustahil adalah sifat yang tidak mungkin ada pada rasul. Sifat mustahil ini kebalikan dari sifat wajib. Sifat mustahil tersebut antara lain:

1.Kidzib

Kidzib artinya dusta atau bohong. Seluruh ucapan dan perbuatan rasul tidak ada yang dusta. Sifat ini mustahil dimiliki oleh para rasul sebab mereka senantiasa dijaga oleh Allah SWT.

2.Khianat

Khianat artiny tidak dapat dipercaya. Semua yang diamanatkan kepada para rasul pasti dilaksanakan.

3.Kitman

Kitman artinya menyembunyikan. Setiap firman yang diperoleh oleh para rasul pasti akan disampaikan sehingga mustahil para rasul memiliki sifat ini.

4.Jahlun/Baladah

Jahlun/Baladah artinya bodoh. Para rasul adalah manusia cerdas yang dipilih oleh Allah SWT. untuk menyampaikan agama-Nya kepada manusia dan melakukan perbuatan kebaikan agar menjadi suri tauladan bagi umatnya.

C.Sifat Jaiz

Sifat Jaiz bagi rasul adalah sifat kemanusiaan, yaitu al-ardul basyariyah yang berarti rasul memiliki sifat-sifat sebagaimana manusia biasa, seperti rasa lapar, mengantuk, berkeluarga, dan sebagainya. Bahkan seorang rasul tetap wafat seperti makhluk lainnya.

Rasul juga memiliki sifat-sifat yang tidak terdapat pada selain rasul,yaitu:

1.Ishmaturrasul

Ishmaturrasul adalah orang yang ma'shum, terlindung dari dosa dan kekhilafan dalam kemampuan pemahaman agama, ketaatan, dan menyampaikan wahyu Allah SWT. sehingga senantiasa siap dalam menghadapi tantangan dan tugas apa pun.

2.Iltizamurrasul

Iltizamurrasul adalah orang-orang yang selalu komitmen dengan apa pun yang mereka ajarkan sesuai dengan arahan dan perintah Allah SWT.


Baca Juga

Komentar

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak dan dilarang menaruh link aktif atau melakukan tindakan spam.

Artikel Populer

Mengenal 4 Kitab Samawi

Sejarah Syekh Samman al-Madani al-Hasani

Misteri Nabi Khidir

Sejarah Hidup Sunan Gresik (Maulana Malik Ibrahim)

Pemimpin Paling Demokratis di Mata Dunia