Strategi Jitu Menghadapi Ujian Nasional



Ujian nasional adalah ujian berskala nasional yang digelar dengan tujuan untuk mengevaluasi siswa selama belajar di sekolah. Ujian nasional ini hanyalah berlaku bagi siswa yang akan tamat belajar atau dengan kata lain, ujian nasional hanya berlaku di kelas teratas seperti kelas VI SD, kelas IX SMP, dan kelas XII SMA.

Selama bertahun-tahun, ujian nasional selalu menjadi 'momok' bagi siswa yang belum siap menghadapi ujian nasional. Pada hakikatnya, ujian nasional ini sama dengan ujian yang lainnya. Yang membedakan adalah terletak pada skala ujian. Skala ujian nasional ini adalah skala nasional artinya seluruh sekolah yang ada di Indonesia wajib ikut ujian nasional.

Ujian nasional memang membutuhkan persiapan yang matang. Oleh karena itu, diperlukan beberapa strategi jitu agar hasil ujian nasional memuaskan sekaligus mendapatkan sekolah favorit.

Strategi jitu Ujian nasional antara lain:

1.Persiapan yang matang.    

Jauh hari sebelum ujian nasional diselenggarakan,mulailah dengan persiapan yang matang. Persiapan tersebut meliputi:

-Persiapan materi

Sebagai seorang pelajar memang memiliki kewajiban untuk belajar. Tidak terlepas, ketika menghadapi ujian nasional. Oleh karena itu, prioritaskanlah mapel yang diujiankan saja. Di samping itu, pandai-pandailah dalam hal manajemen waktu belajar agar yang dipelajari mudah tertangkap. Jauh sebelum ujian nasional dimulai, kuasailah materinya. Sebaliknya ketika menjelang ujian, kurangilah proporsi belajar agar lebih refresh ketika menghadapi ujian nasional.

-Persiapan fisik

Persiapan fisik yang dimaksud di sini adalah menjaga kesehatan sekaligus stamina tubuh. Apabila saat mengerjakan ujian tubuh dalam keadaan fit, ujian akan terasa lebih mudah. Sebaliknya, jika saat mengerjakan ujian tubuh dalam kondisi sakit maka akan menyebabkan ujian menjadi terganggu.Oleh karena itu, jagalah kesehatan  sekaligus stamina tubuh dengan berbagai cara antara lain:
1.Olah raga teratur
2.Makan yang bergizi
3.Istirahat yang cukup
4.Menghindari stres

-Persiapan mental

Mental adalah salah satu hal yang juga harus dipersiapkan saat ujian nasional. Ketika menempuh ujian nasional, kita harus memiliki mental yang kuat. Hindarilah perasaan khawatir, takut, was-was, dan sejenisnya saat ujian nasional. Jika perasaan tersebut ada, kemungkinan besar akan mengganggu seperti berkurangnya konsentrasi dan lainnya. Oleh karena itu, perkuatlah mental dengan beberapa cara. Cara tersebut antara lain:
1.Rajin ibadah
2.Berpikir positif (Thinking Positive)
3.Menghindari perasaan tidak nyaman

2.Perbanyak latihan mengerjakan soal ujian nasional
         
Dengan memperbanyak mengerjakan latihan soal akan membuat kita jauh lebih siap menghadapi ujian nasional. Apabila kita terbiasa mengerjakan latihan-latihan akan membuat mindset kita berubah. Yang semula ujian nasional menjadi momok, kini hanya menjadi ujian biasa.

3.Meningkatkan motivasi jelang ujian nasional

Motivasi adalah salah satu hal terpenting dalam ujian nasional. Tanpa memiliki motivasi yang kuat, kemungkinan besar dalam menghadapi ujian nasional kesiapannya kurang. Oleh karena itu, tingkatkanlah motivasi jelang ujian nasional seperti meningkatkan motivasi belajar, motivasi saat mengerjakan ujian, dan lainnya.

Itulah 3 strategi jitu menghadapi ujian nasional yang saya bagikan. Oleh karena itu, dalam menghadapi ujian nasional gunakanlah strategi yang jitu agar mendapatkan hasil yang memuaskan.



Baca Juga

Komentar

Artikel Populer

Mengenal 4 Kitab Samawi

Sejarah Syekh Samman al-Madani al-Hasani

Misteri Nabi Khidir

Sejarah Hidup Sunan Gresik (Maulana Malik Ibrahim)

Pemimpin Paling Demokratis di Mata Dunia